Ini Tahun 2014 Setelah Masehi

Gak kerasa sudah akhir tahun 2014 aja nih cuy. Udah ngapain aja nih di tahun 2014 ? resolusinya tercapai gak ? Pffft… Saya sih jujur aja gak pernah buat resolusi yang terencana buat tahun-tahun yang akan dilalui buat satu tahun ke depan, soalnya saya lebih setuju sama kata-kata ini “New Year, New Me is Bullshit”

Di luar sedang hujan, dingin khas kota Bandung yang katanya udah gak sedingin dulu. Tapi tetep aja saya kedinginan. Sambil kedinginan karena sedang bosan maen game, malas ngerjain tugas kuliah dan masih depan laptop. Mendingan ingat sesuatu apa aja yang udah saya lalui di tahun 2014.

Ini tulisan untuk saya ingat di kemudian hari. Jadi kalo gak penting buat kamu, kamu gak perlu baca. Langsung saja ke yang pertama..


1.   Malam Pergantian Tahun 2014

Mulai cerita dari awal tahun 2014. Di malam pergantian tahun 2013 ke 2014. Alhamdulillah karena saya lagi ada rezeki untuk pertama kalinya, akhirnya saya bisa traktir temen pake uang hasil keringet sendiri. Mereka yang beruntung dapet traktiran saya di malam itu adalah temen saya dari jaman urdu yang lumayan gila dan ada aja konyolnya.

Terima kasih atas ke-goblok-an dan ke-konyol-annya di malam itu untuk sekedar temenin jalan-jalan di Car Free Night Dago. Buat nonton kembang api yang meledak-ledak dan juga bisingnya terompet yang memang lazim dilakukan untuk merayakan malam pergantian tahun. Satu lagi pesta Phyro Show yang juga lumayan keren. Alhamdulillah senang.

Pesta Phyro Show CFN Dago tahun baru 2014

Pesta Phyro Show CFN Dago tahun baru 2014

2.   Pertama Belajar Main Gitar

Sebenernya udah lama ingin belajar main gitar. Tapi karena orang tua yang sebenarnya gak kan pernah mau beliin gitar sampai kapan pun, jadi belum ke sampean buat belajar. Sampai akhirnya Alhamdulillah ada rezeki dari keringet sendiri yang bisa cukup buat beli gitar. Kesan pertama belajar gitar secara otodidak dan sedikit-sedikit diajarin sama temen yang sudah lebih senior dalam hal bergitar adalah lumayan ribet. Saya gak nyangka ternyata belajar main gitar pun ribet juga sama kaya kalo lagi ngampus.

Sempet nyerah dan coba lagi, akhirnya bisa juga satu lagu “Di Atas Normal” dan satu lagi di lagu ke dua “The Beginnings”. Dengan bergitar tingkat super beginner, segitumah lumayan lah. Sakitu ge geus uyuhan keur kamimah.

Gitar buaya

Gitar buaya

3.   Sidang Magang Industri 1

Lumayan edan sebenernya yang ini, untuk pertama kalinya ngerasain yang namanya sidang. “Da aku mah apa atuh ? Sidang tilang juga gak pernah”. Sebenarnya mudah cuma harus tampil di depan terus bercerita, jadi susah gara-gara segala aturan keformalannya, mulai dari harus menggunakan bahasa formal, pakaian formal, tulisan formal, konsumsi formal, ruangan formal, dengan orang-orang yang formal dan juga masih banyak lagi formal-formal lainnya. Semua ke formalan nya tuh bisa bikin jadi sedikit gila secara formal.

Dan Alhamdulillah sidang aman dan terkendali, sukses sampai revisi. Sampai jumpa di magang 2 dosen-dosen.

4.   Anime

Ini pasti gara-gara tahun kemaren magang industri di perusahaan Jepang. Suasana Jepangnya jadi ke bawa, mulai dari saya mengakui bahwa lagu Jepang ternyata ada juga yang enak di denger, terus nonton serial anime Hunter x Hunter yang awalnya mah padahal cuma penasaran sama karakter Hisoka nya aja.

Lagu Yui yang judulnya Life jadi lagu jepang pertama yang saya baca liriknya dan bikin nyanyi-nyanyi sendiri hahaha. Setelah itu mulai saya cari lagu jepang lainnya di internet dan nemu lagu One Ok Rock yang lumayan cocok sama selera lagu rock saya. Sejak itu koleksi lagu bajakan di hardisk saya bertambah dengan lagu-lagu dan anime Jepang.

Terus tenggelam dengan warna baru di hidup saya tahun 2014 ini, aura jepang-jepangan jadi salah satu yang paling awam bagi saya. Karena ada beberapa teman saya yang sudah jauh lebih dulu tenggelam dalam dunia Jepang-jepangan ini. Saya mulai terseret arus buat hadir di festival-festival dengan tema budaya Jepang buat sekedar nonton cosplay dan foto bareng padahalmah nanaon pisan euy wkwkwk. Sampai saya belain datang ke festival bernuansa Jepang yang ada di Depok. Memang saya ke sana gak buat ke festival itu doang, tapi sambil juga ada keperluan yang lebih penting, karena pas kebetulan ada acara itu, ya udah biar sekalian ke situ. Alhamdulillah rame juga di sana, ketemu teman-teman juga secara kebetulan di sana yang bikin jadi makin seru.

Ya begitulah tentang anime-anime atau Jepang-jepang ini cukup mewarnai 2014 dan Alhamdulillah bikin senang. Bagi kamu yang kurang suka gak perlu sentimen lah sama dunia mereka. Selami aja pasti ada sisi positif yang bisa diambil di dalamnya, selama kamu gak tenggelam semuanya akan aman. Whoooahh Bijak pisan pan aing.

5.   Si Anjing

Buat yang satu ini. Si Anjing sebenarnya rada ragu buat ditulis, karena berpotensi menyinggung beberapa orang. Tapi ini lah salah satu cerita paling “anjing” bagi saya di tahun 2014, yang bikin saya jadi belajar dan merenungi dosa saya.

Lebih baik langsung baca ke no. 6 saja.

6.   Bantu TA

Saya sedang libur waktu itu sedangkan sebagian teman seangkatan saya sedang mengerjakan tugas akhir. Daripada gak berguna mending mencoba untuk jadi teman yang berguna. Karena justru teman yang “dimanfaatkan” adalah teman yang gak berguna. Dan Alhamdulillah walaupun cuma bisa bantu sedikit-sedikit dan kurang maksimal mereka bisa lulus semuanya. Semoga saya pun pas TA ada yang bantu hahayyy haha 😀

7.   Si Pidi Baiq

Siapa Pidi Baiq ? Teing te wawuh aing ge. Jika kamu tanya ke si pidi juga palingan di jawab “Aku adalah aku yang kulihat di dalam cermin”. Terjawab kah pertanyaanmu ? mungkin ya, mungkin enggak. Pidi baiq memang jadi salah satu tokoh yang mempengaruhi saya setelah kejadian “si Anjing” itu.

Tulisannya dalam buku Dilan lumayan lah membuat sedikit perubahan. Walaupun katanya cewek banget. Dan justru gara-gara “si Anjing” itu saya jadi paham maksud lagunya The Panas Dalam yang sudah lama ada di hard disk saya. Maklum karena sebelum saya paham maksudnya menurut saya lagunya The Panas Dalam gak begitu enak. Maaf ya Om hahaha…

Semakin banyak tahu tentang dia seperti kenal jiwa dan khayalnya. Dia bilang “Mungkin kita satu frekuensi”. Saya baca juga bukunya Drunken Molen, Drunken Monster dan Drunken Mama. Lumayan lucu walaupun gak semua. Dan beberapa pertunjukan panggung nya pun saya ikut nonton, dia orang yang seru, konyol dan aneh memang.

Gara-gara si Pidi pula saya jadi ingin tulas-tulis seperti ini seakan jadi lupa kuliah di jurusan teknik.

Beberapa buku PidiBaiq

Beberapa buku PidiBaiq

8.   Tebing Keraton

Masih liburan semester dan lebaran cuy, setelah mudik ke kampung halaman sana sisa liburan masih lumayan panjang. Ya sudah saya summon dua teman saya ini ke Tebing Keraton yang katanya lagi nge hits di kota Bandung.

Di tebing keraton ya kaya gitu lihat jurang. Main-main dan uniknya kami mendeklarasikan sebuah negara di sana. Negara yang berdiri numpang di atas negara Indonesia bernama Negara Pukimak Serikat dengan semboyan Miroritism Apatism. Negara ini berpenduduk 3 orang. Terdiri dari satu Presiden, satu mentri dan satu rakyat nyaeta aing. UUD yang paling diutamakan adalah bahwa seorang presiden memiliki jabatan dan tanggung jawab seumur hidup atas seluruh penduduknya dan tidak ada yang namanya lengser atau pun mengundurkan diri serta harus tetap tunduk pada rakyatnya wkwkwkwk.

Ya itulah kami di sana bawa bendera Indonesia tapi memerdekakan negara sendiri di tanggal 19 Agustus 2014 dengan batu yang gak tahu tulisannya apa, tapi itu justru dijadiin teks proklamasi negara pukimak ini. Ya gitulah main selayaknya orang lagi main. Terus foto-foto, oranglain mungkin lebih butuh pemandangan buat jadi background fotonya tapi saya mah gak. Saya lebih suka orang pacaran jadi backgroundnya, supaya saya bisa ketawa kalu kapan-kapan saya lihat lagi fotonya hahaha.

Teks Proklamasi asli Republik Apatism Pukimak Minorism

Teks Proklamasi asli Republik Apatism Pukimak Minorism

9. PERSIB Juara

PERSIB JUARA ! PERSIB JUARA ! PERSIB JUARA ! adalah salah satu momen yang paling berkesan tahun ini. Berkesan mungkin bukan cuma buat saya dan bobotoh tapi juga untuk semua penggemar sepak bola Indonesia. Entah itu kesan baik atau buruk tentu saja juaranya PERSIB di ISL musim 2014 ini jadi salah satu momen yang paling bersejarah.

Gak perlu lah saya ceritain tentang gila nya bobotoh yang rame-rame menggadaikan barang-barangnya hanya demi bisa nonton semifinal dan final PERSIB di Palembang. Gak perlu lagi saya ceritain tentang tentang bobotoh berduit yang sampai sewa pesawat hercules karena gak kebagian tiket pesawat jurusan Jakarta – Palembang. Gak perlu juga saya ceritain saat walikota Bandung buligir/telanjang dada untuk bisa menenangkan bobotoh yang disuruh lepas atribut. Gak perlu juga saya ceritain lagi tentang heroiknya bobotoh ketika bus rombongan bobotoh hancur dilempari The Jak di sepanjang jalan sepulang dari Palembang. Dan gak perlu juga saya ceritakan lagi ketika banyak tokoh kota Bandung termasuk walikota jadi botak karena memang sudah janji bila PERSIB juara mereka siap botak. Selain itu ada pula yang bernazar lebih ekstrim mereka lah The Jak yang siap kawin dengan monyet. Gak perlu saya ceritakan lagi detail ceritanya karena semua pernak-pernik cerita PERSIB Juara sudah banyak didokumentasi oleh semua media online maupun cetak di seluruh alam dunya.

Luar biasa penantian Persib juara oleh bobotoh yang gila ini. Mereka merayakannya dengan suka cita berkonvoi memadati kota Bandung. Luar biasa saat melihat semua seakan jadi setara tanpa kasta kami semua bereuphoria bersenang-senang bersama.

Di tahun ini pula ritual ke PERSIBan saya sampai ke pemakaian perdana stadion Gelora Bandung Lautan Api. Beruntung, karena mungkin 10-20 tahun lagi saya bisa menceritakan pada bocah-bocah bahwa saya adalah salah satu orang perdana yang menduduki kursi stadion megah ini.

Dan juga ritual ke PERSIBan saya dan kami bobotoh sekarang memiliki tempat berbeda untuk sekedar berteriak bareng saat mensupporteri PERSIB. Yaitu di Taman Film, taman ini juga jadi saksi di mana antusias dan kegilaan bobotoh begitu memuncak dan luar biasa. Untuk fasilitas ini saya harus menghaturkan nuhun ka Ridwan Kamil.

Ya, begitulah pesta sepak bola yang saya tunggu-tunggu sebagai pecinta olahraga ini dengan benar-benar ikut bereuphoria atas sebuah kemenangan yang bukan hanya jadi milik PERSIB saja tapi juga untuk para bobotohnya yang setia menunggu 19 tahun hingga PERSIB juara lagi.

10.   Siap-siap Magang Industri Jilid 2

Ahaa… Sampai nih di cerita akhir tahun. Akhir tahun ini lumayan sibuk ngurus-ngurus perjuangan saya di semester akhir dunia perkuliahan. Karena harus mengerjakan Tugas Akhir sekaligus magang 2. Untuk magang ini kasak-kusuk sana sini cari mitra yang mau. Semoga sukses lah buat saya ini karena sampai hari terakhir di tahun ini semuanya masih tetep belum jelas cuy suram.


Yup begitu, semua yang ingin saya ingat di tahun 2014 ini. Semoga jadi kenangan yang lumayan berkesan dan tahun depan lebih berkesan lagi dan lebih gila lagi. Sebetulnya ada lagi, banyak yang berkesan namun gak mau ku tulis karena tulisan aing kumaha aing. Hehehe

Ciaoooo Mas bro and Mbak Sis. Selamat datang tahun 2015.. Selamat tahun baru semuanya… 😀

Advertisements

About bit_90

Mahasiswa yang Alhamdulillah sudah lulus dan bergelar SST. Saya tidak sedang menulis. Saya sedang berak..
This entry was posted in cacatnya harian, Semacam Tulisan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s