7 Tipe Striker dalam Sepakbola

Dalam era sepakbola modern seorang striker tidak hanya memiliki tugas untuk mencetak gol. Seorang striker dituntut untuk juga bisa meningkatkan daya serang tim bahkan bertahan. Maka munculah berbagai macam tipe striker di dunia sepakbola masa kini. Sedikitnya ada tujuh tipe striker yang muncul karena disesuaikan dengan skema permainan tim atau justru muncul karena bakat pemain itu sendiri.


1. Deep-lying Foward

Seorang Deep-lying Foward akan cenderung sering mundur untuk menjemput bola ke lini tengah lalu membagi bola ke rekan setimnya di lini kedua. Atau untuk menahan bola sambil menunggu rekan di lini kedua naik membantu serangan. Role seperti ini akan efektif apabila menggunakan pola dengan striker tunggal yang lebih banyak menggunakan daya serang dari lini ke dua.

Skill yang dibutuhkan : Kekuatan tubuh, Kreatifitas, Stamina, Passing, Jumping, Heading, First Touch dan Memiliki tendangan jarak jauh yang akurat

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Rooney, Hulk.


2. Advanced Foward

Striker tipe ini cenderung sering berdiri sejajar dengan bek lawan untuk beradu lari. Maka dibutuhkan banyak umpan terobosan untuk mendukung pemain tipe ini agar dapat mencetak gol.

Skill yang dibutuhkan : Ketenangan, gerakan tanpa bola, kecepatan, dribbling, teknik dan finishing yang baik.

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Torres(jaman dulu), Ronaldo(botak), Boaz, Budi Sudarsono, Javier Hernandez


3. Complete Foward

Complete foward adalah tipe striker yang paling dicari di tim manapun, karena dengan pemain tipe ini memungkinkan pelatih untuk membuat banyak skema permainan yang dapat diterapkan pada tim. Striker tipe ini adalah pemain yang serba bisa asalkan berada di lini depan. Terlebih apabila sang pemain dianugerahi isnsting mencetak gol yang kuat, maka striker tipe ini akan semakin sempurna untuk mendulang banyak gol. Hanya saja striker tipe ini cenderung membutuhkan partner yang sepadan untuk menunjang performanya.

Skill yang dibutuhkan : Kerjasama tim, shooting, dribbling, kekuatan tubuh, first touch, stamina, heading, jumping, antisipasi dan pengambilan keputusan yang baik.

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Cavani, Bambang Pamungkas, Lewandowski, Falcao.


4. Defensive Foward

Dalam situasi tertentu sebuah tim akan memakai skema bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik untuk mencapai tujuannya. Beberapa situasinya adalah kekuatan menyerang lawan yang dinilai lebih tangguh, sedang mempertahankan kemenangan atau kekurangan pemain. Dalam situasi seperti itu dibutuhkan striker yang dapat menyerang sekaligus membantu pertahanan. Tidak mudah menjadi striker tipe ini, seorang striker tipe ini dituntut untuk memiliki kemampuan seperti seorang bek namun tetap mengemban tugas untuk dapat mencetak gol sekecil apa pun peluang yang di dapat. Tentu saja, karena dalam skema beratahan seorang striker hanya memiliki sedikit peluang untuk mencetak gol, itu pun hanya akan di dapat dari kejutan-kejutan serangan balik.

Skill yang dibutuhkan : Tackle, Kecepatan, kerja sama, shooting, stamina

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Dirk Kuyt, Musafri, Okto, Ramires


5. Target Man

Seorang Target Man bekerja seperti Deep-lying Foward namun tidak perlu sering turun untuk sekedar menjemput bola. Target Man merupakan seorang pemain yang akan menjadi pusat perhatian apabila tim akan melakukan penyerangan, maka pemain tipe ini harus bisa menahan bola dengan baik dan harus menjadi tumpuan kuat sebagai komando di lini depan.

Skill yang dibutuhkan : Tackle, Kecepatan, kerja sama, shooting, stamina, kekuatan tubuh, teknik, first touch

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Ibrahimovic, Dzumafo


6. Poacher

Seorang poacher tidak harus memiliki banyak kemampuan khusus untuk bisa mencetak gol. Namun seorang poacher harus memiliki tingkat keberuntungan dan insting gol yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, seorang poacher hanya ditugaskan untuk berkeliaran di kotak pinalti lawan saja. Dengan jarak yang begitu dekat dengan gawang, tentu gol demi gol adalah satu-satunya tolak ukur sebagai keberhasilan seorang poacher. Namun demikia, seorang striker tipe ini sudah sangat jarang dijumpai di era sepak bola modern.

Skill yang dibutuhkan : First touch, gerakan tanpa bola.

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Inzaghi, Raul Gonzalez

7. Trequartista

Trequartista adalah tipe striker yang istimewa karena pemain ini lebih ditugaskan sebagai penipu dilapangan. Akan sangat berbahaya apabila para bek tertipu dengan striker tipe ini. Seorang Trequartista adalah orang yang akan membuka ruang bagi teman satu tim nya untuk naik menyerang namun di sisi lain dia juga memiliki kemampuan untuk mengeksekusi bola sendiri. Ketepatan dan kecepatan dalam mengambil keputusan jadi modal utama yang harus dimiliki seorang Trequartista hebat.

Skill yang dibutuhkan : Pengambilan keputusan, first touch, kerja sama, shoting

Striker yang biasa bermain dengan tipe ini adalah : Totti, Kaka, Del Piero, K.P Boateng, James Rodrigues


Note : Tak ada nama Messi dan Ronaldo karena sengaja


Advertisements

About bit_90

Mahasiswa yang Alhamdulillah sudah lulus dan bergelar SST. Saya tidak sedang menulis. Saya sedang berak..
This entry was posted in Semacam Tulisan, sepakbola, Zona Intelek and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s