D4 vs S1

D4 atau pun S1 merupakan strata pendidikan yang setara dan sudah diakui oleh kementrian melalui SK mentri pendidikan Nomor 234/U/2000 pasal 1 ayat 16. Meski setara, D4 dan S1 itu jelas berbeda. D4 itu termasuk ke jalur pendidikan profesional sedangkan S1 termasuk ke jalur pendidikan akademis.

Jalur pendidikan akademis terdiri dari S0, S1, S2, S3. Sedangkan jalur pendidikan profesional terdiri dari D1, D2, D3, D4, Sp1 dan Sp2.

D4 maupun S1 memiliki jumlah sks yang sama, yaitu sejumlah 144 SKS. Bedanya pada jalur pendidikan profesional –sebut saja diploma- lebih menitik beratkan pada skill dengan lebih mengutamakan praktek dibanding teori dengan persentase 60% praktek berbanding 40% teori. Sebaliknya pada jalur pendidikan akademis lebih mengutamakan teori dengan perbandingan 40% praktek dan 60% teori.

Sampai sekarang Lulusan jalur diploma masih kalah familiar dibanding jalur pendidikan akademis di masyarakat. Selain karena pendidikan jalur akademis sudah lebih dulu eksis jauh sebelum pendidikan jalur diploma diperkenalkan ke masyarakat, kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat menjadi PR tersendiri.

Banyak perusahaan hanya menyantumkan D3 dan S1 dalam sebuah lowongan pekerjaan. Biasanya D3 level posisi kerjanya berada sedikit di bawah S1. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut karena memang D3 berada satu tingkat di bawah S1 dengan jumlah SKS yang lebih sedikit.

Lalu di mana D4? Seharusnya D4 disertakan sejajar dengan S1 namun pada kenyataannya perusahaan masih saja melakukan diskriminasi dan mempertanyakan di mana letak perbedaannya. Padahal dengan lebih diperbanyaknya praktek pada sistem pendidikan jalur diploma diharapkan lulusannya siap untuk langsung bekerja dan memberikan solusi di industri dibandingkan dengan S1 yang lebih diarahkan ke bidang riset dan dipersiapkan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sampai ke jenjang akademis doktor.

Meski begitu pada jalur diploma pun menyediakan jalan untuk menaikan jenjang pendidikan sampai ke setara doktor yaitu Sp2. Maka bisa dibilang S1 dan D4 itu setara hanya saja jalur pendidikannya yang berbeda. Seharusnya tidak ada perbedaan yang cukup mencolok ihwal kualitas saat mereka dipekerjakan di industri sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Pada awal-awal masa bekerja mungkin seorang lulusan D4 akan lebih terlihat skill-nya sedangkan seorang lulusan S1 akan lebih baik pengetahuan teorinya. Selebihnya adalah bagaimana cara orang itu sendiri mengembangkan diri di perusahaan.

Maka sebetulnya lulusan S1 maupun D4 dibekali atribut yang seimbang dengan kemampuan dasar yang berbeda. Tinggal bagaimana seorang lulusan tersebut menerapkan bekal yang dia dapat dari masa kuliah ke dunia kerja.

Dengan begitu seharusnya tidak perlu ada lagi diskriminasi dari perusahaan dalam memberikan kesempatan test untuk masuk kerja terhadap lulusan D4. Karena sebetulnya mereka memiliki bekal pendidikan yang setara meski tidak sama.

Advertisements

About bit_90

Mahasiswa yang Alhamdulillah sudah lulus dan bergelar SST. Saya tidak sedang menulis. Saya sedang berak..
This entry was posted in Semacam terserah, Semacam Tulisan, Zona Intelek and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s