Era Meteora Belum Akan Reborn

I’ve become so numb I can’t feel you there.. Tentu kita tidak asing dengan potongan lirik tersebut, potongan lirik dari lagu Numb salah satu single album Meteora yang paling terkenal. Meteora adalah salah satu album Linkin Park yang paling sukses. Meteora dirilis pada tanggal 25 Maret 2003. Pada minggu pertama Meteora terjual sebanyak 810 ribu keeping di seluruh dunia. Prestasi ini jauh melampaui album pertama Linkin Park, Hybird Theory yang baru terjual lebih dari 810 ribu keeping di pekan ke-12.

Nama Meteora diadopsi dari nama sebuah rumah ibadah di atas bukit batu di Yunani. Nama Meteora sendiri memiliki arti “melayang di udara” atau “menggantung di langit”. Dengan menggunakan nama ini mungkin Linkin Park ingin membuat pendengarnya merasa terbang bersama musik keras yang mereka bawakan.

Holy Trinity1

METORA

Meteora serigkali disebut-sebut sebagai album yang paling mununjukan ciri khas Linkin Park. Linkin Park dengan aliran Nu Metal sebelumnya memang sudah lebih dulu diperkenalkan pada album Hybrid Theory. Namun lagu-lagu di album Meteora semakin memperkuat karakter musik Linkin Park dengan rap cepat dari Mike yang terasa memompa nafas di dada dan suara kasar Chester yang menggugah. Seperti pada lagu Faint, Figure 09, dan Somewhere I Belong.

Menjelang album baru yang akan dirilis tahun ini banyak kaum LPU dan LPSS yang gagal move on mengharapkan musik Linkin Park kembali pada era Meteora. Setelah Meteora Linkin Park memang banyak bereksperimen dengan berbagai warna musik. Musik Linkin Park terus bermetamorfosis dari album ke album. Hal ini membuat Linkin Park semakin menjauh dari warna musik yang melambungkan nama mereka.

Namun sepertinya Linkin Park tidak akan mewujudkan harapan para fans. Linkin Park adalah band yang senang dengan hal baru untuk terus berkarya dengan menghasilkan sesuatu yang baru. Mereka selalu mencoba membuat warna baru untuk musiknya. Pada album baru yang akan rilis tahun ini pun nampaknya Meteora belum akan reborn.

Menambahkan ide-ide baru pada musik mereka bukan berarti Linkin Park mengikuti selera pasar. Linkin Park membuat lagu baru untuk sesuatu yang baru tanpa mempedulikan selera zaman. Linkin Park membutuhkan ide-ide brilian yang melimpah sebagai bumbu untuk lagu-lagu mereka di album selanjutnya.

Pada album The Hunting Party Linkin Park berkolaborasi dengan musisi lain di luar Linkin Park seperti Daron Malakian(System of a Down) dan Tom Morelo(Audioslave). Kolaborasi ini pun dilakukan untuk mendapatkan ide baru yang dapat dimasukan ke dalam musik mereka. Pada akhirnya lahirlah musik Linkin Park dengan nuansa rock tahun 90an dipadu dengan rapcore khas Mike. Tren kolaborasi macam ini sepertinya masih akan berlanjut pada album anyar mereka yang akan rilis tahun ini.

Dari beberapa foto yang dibagikan akun resmi Linkin Park di jejaring sosial baru-baru ini mereka menunjukan suasana rekaman di studio bersama beberapa musisi. Salah satu di antaranya adalah Martin Garrix seorang pengkompos musik EDM asal Belanda. Lagu-lagu demo Martin Garrix mudah ditemukan di youtube. Kolaborasi Linkin Park bersama Martin Garrix mengingatkan kita pada Linkin Park era Living Things yang kental dengan EDM-nya.

Selain dengan Martin Garrix, sempat juga terlihat Jon Green dari band Bonfires di studio Linkin Park. Nampaknya akan ada kejutan besar pada album Linkin Park selanjutnya. Meski kerinduan fans pada musik Linkin Park era Meteora dalam versi terbaru sepertinya belum akan berjumpa tahun ini. Kita masih bisa memutar lagu era Meteora kapan saja kan. Terlebih seperti hari ini. Hari di mana tepat 13 tahun sudah album Meteora dirilis.

Dream Big, Work Hard, and Don’t be an Ass Hole.” Mike Shinoda.

Advertisements

About bit_90

Mahasiswa yang Alhamdulillah sudah lulus dan bergelar SST. Saya tidak sedang menulis. Saya sedang berak..
This entry was posted in Semacam Musik, Semacam Tulisan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s