Berhenti Menulis

Sampailah pada hari ini di mana saya kembali membuat sebuah tulisan. Kurang-lebih sudah 6 bulan lamanya saya berhenti menulis.

Selama 6 bulan ini amat berat rasanya untuk menulis. Menulis apa pun, termasuk curhatan-curhatan pribadi yang sebetulnya bukan konsumsi umum. Hasrat menulis itu tiba-tiba hilang. Saya tidak lagi memiliki dorongan untuk menyusun kalimat demi kalimat hingga menjadi tulisan yang utuh.

Padatnya waktu bukanlah penyebab, karena jika disempatkan sebetulnya cukup banyak waktu yang tersisa untuk menulis. Di sela-sela waktu luang itu pula banyak ide yang berseliweran di kepala ihwal tema yang saya pikir akan sangat menarik jika saya tulis. Tapi ya tapi, saya memilih membiarkan begitu saja ide tersebut menguap entah ke mana.

Padahal sebelumnya saya memiliki keinginan yang cukup kuat untuk bisa menjadi penulis. Saya menyadari salah satu cara paling ampuh untuk menjadi penulis yang baik adalah dengan cara terus membaca dan terus menulis tanpa henti. Celakanya dalam 6 bulan inilah fase di mana saya menemukan kejemuan. Bukan cuma kehilangan hasrat untuk menulis, saya pun kehilangan minat untuk membaca. Akibatnya buku-buku yang saya beli dan belum sempat dibaca hanya menjadi bertumpuk-tumpuk buku yang dipajangkan.

Akhir-akhir ini saya lebih memilih untuk scroll feed di Instagram, atau bermain game yang terinstal pada gawai untuk mengisi waktu luang. Bukan lagi menulis. Menulis sudah tidak lagi menjadi pilihan. Saya malas menulis. Iya saya malas menulis. Saya tegaskan lagi saya sudah malas menulis.

Sampai jumpa.

About bit_90

Mahasiswa yang Alhamdulillah sudah lulus dan bergelar SST. Saya tidak sedang menulis. Saya sedang berak..
This entry was posted in cacatnya harian and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

